Selamat tidur lupus

Kamis, 10 Maret 2022 0 komentar

Salah satu seri lupus
id.Wikipedia.org

Teet..teeet.. Bel istirahat berbunyi

'yan ayo ke perpus, biar bisa pinjem buku lupus, ntar keduluan yang lain'

Kata saya kepada teman yang bernama oktavian, sesama penggemar lupus.

Begitulah gambaran kegiatan yang saya lakukan ketika kelas satu SMP (tahun 2005) begitu bel istirahat berbunyi, tidak ke kantin, tapi ke perpus.

Alasannya cuma satu: biar bisa pinjem buku lupus, karena kalau nanti-nanti keduluan siswa yang lain.

Lupus. Buku yang sangat ngehits di tahun 90an sampai 2000an awal, saking ngehitsnya sampai dibikin layar lebar dan sinetron juga.

Buku ini sebenarnya rilis di tahun 80an lebih tepatnya 1986.

Total ada 29 judul buku yang terbit dari kurun waktu perilisannya di tahun 1986 sampai terbit terakhir di tahun 2013.

Pertanyaannya adalah, apa sih menariknya buku ini sampai saya bela-belain buru buru ke perpus buat meminjamnya?

Singkatnya: Lucu! 

Ya, buku ini bergenre humor anak muda. 

Ceritanya sebenarnya sederhana, menceritakan kehidupan anak SMA yang bernama lupus, namun dibalut dengan kekonyolan-kekonyolan.

Ide Cerita seperti itulah yang justru membuat relate dengan pembacanya, misalnya persiapan pensi sekolah, lomba ekstra kurikuler antara sekolah, sampai kisah asmara antar anggota OSIS. 

Selain menceritakan lupus sebagai anak SMA, ada seri buku lupus yang menceritakan lupus sebagai anak SMP yaitu lupus ABG, ada juga lupus sebagai anak SD, yaitu lupus kecil. 

Waahh tentu seri ini lebih relate lagi dong dengan saya yang waktu itu usia SMP. 

Selain ide ceritanya tentang kehidupan anak sekolahan, penokohan lupus ini juga sederhana. Lupus digambarkan sebagai anak dari seorang single parent, yang nyambi sebagai wartawan lepas majalah kawanku, lupus juga digambarkan sebagai anak yang biasa aja di sekolah, tetapi jago nulis. 

Nahh.. hal tersebut juga menambah relate dengan pembacanya. 

Nggak kayak catatan si boy yang tokoh utamanya digambarkan anak orang tajir, naik bmw, kuliah di amerika, religius, disukai cewek-cewek, sempurna banget deh pokoknya, ngebayanginnya aja sulit. 

Nah kalau lupus nggak, ngebayanginnya mudah, jadi pembaca bisa masuk ke ceritanya. 

Intinya yang menarik dari lupus adalah, lucu dan relate. 

Eh satu lagi ding, persahabatan, lupus ini digambarkan punya sahabat bernama gusur dan boim, pokoknya seru banget deh cerita persahabatan mereka. Bahkan, soundtrack sinetron lupus aja lagunya sheila on 7 yang berjudul Kita, yang menggambarkan persahabatan. 

Oke kembali ke cerita perjuangan saya untuk mengakses buku lupus

Ada 3 hal yang bisa di tempuh:

Pertama beli

Kedua rental di persewaan buku,

dan yang ketiga minjem, baik itu perpus maupun pinjem temen

Nah saya sebagai sobat misqueen di SMP tentu milih opsi ketiga, minjem perpus, atau kadang kalau ada temen yang rental, saya ikut nebeng meminjam bukunya hehe. 

Nah sayang beribu sayang sebagai pengemar lupus saya tidak punya satupun buku lupus. 

'ya iyalah kan katanya sobat misqueen, mau baca aja modal minjem' 

Hehe bukan-bukan... 

Jadi gini, ketika saya mahasiswa buku lupus ini udah nggak ngehits lagi, lupus terbit terakhir di tahun 2013 yang berjudul 'bangun lagi dong lupus' tapi hype-nya ga seperti tahun 2000an awal, padahal seri 'bangun lagi dong lupus' dibuat layar lebarnya lho, ya mungkin humornya udah ga cocok dengan anak milenial. 

Nah, karena lupus udah nggak laris, hal tersebut berpengaruh di harga bukunya, di loakan buku lupus dijual 5000 rupiah, itupun bisa ditawar kalau belinya lebih dari satu, sedangkan di gramedia buku-buku lupus juga sudah diobral di kisaran belasan ribu rupiah. 

Sebanarnya uang saku saya sebagai mahasiswa sangat cukup untuk memboyong setidaknya satu buku lupus, tapi waktu itu saya berpikir:

'ah buat apa beli lupus, wong saya udah tau ceritanya' 

Maklum meskipun di SMP cuma modal minjem, tapi hampir sebagian besar seri pernah saya baca. 

Pernah beberapa waktu lalu saya berpikir 'beli buku lupus satu ah, buat koleksi' 

Cuss saya ke gramedia: kosong, ke loakan: kosong juga. 

Duhh..

Dan kesedihan tak berakhir disitu saja, sehari sebelum artikel ini dibuat sang penulis lupus, Hilman Hariwijaya berpulang ke sang khalik. 

Jika buku lupus terakhir berjudul 'bangun lagi dong lupus' 

Maka kini saya ucapan 'selamat tidur lupus....' 

Terima kasih telah menemani masa remaja saya, dan semoga saya bisa mendapatkan buku lupus di marketplace untuk kenang-kenangan. 





0 komentar:

 

©Copyright 2011 Diewha Gredianto | TNB